Masak-masak: Crispy Onion Ring ala Sarpip

21:22

Hai, sudah lama tidak menulis di blog. Kali ini mau share resep onion ring ala Sarpip. Sebenernya ini resepnya saya coba berdasarkan video di channel kokiku.tv disini. So, check it out.


Bahan

  • Bawang Bombai (yang ukuran besar)
  • Tepung Serbaguna (Saya pakai saji*u)
  • Tepung Terigu
  • Garam
  • Lada Hitam
  • Minyak Goreng
  • Air Dingin
Bahan yang sudah saya siapkan.

Semua bahan ini tergantung berapa banyak bawang bombai yang dipakai. Saya gak pake takaran harus segimana, sesuai kebutuhan saja.

Cara Memasak

  1. Potong bawang bombai sehingga membentuk cincin dengan ketebalan ~1cm lalu pisahkan.
  2. Siapkan adonan kering berupa tepung terigu yang diberi garam dan lada hitam, sesuaikan dengan banyaknya bawang bombai yang dipakai, lalu aduk rata.
  3. Masukkan bawang bombai kedalam adonan kering, aduk hingga dapat coating yang merata.
    Bawang bombai yang sudah dicoating dengan adonan kering.
  4. Siapkan adonan basah, masukkan tepung serbaguna kedalam mangkok, tambahkan air dingin.
  5. Aduk adonan basah hingga merata. Tektur adonan dibuat agar tidak terlalu cair tetapi tidak terlalu kental.
    Tekstur adonan basah yang sudah diaduk rata.
  6. Siapkan minyak goreng dalam wajan. Panaskan
  7. Masukkan bawang bombai yang sudah dicoating ke dalam adonan basah.
  8. Kecilkan api penggorengan (api kecil~sedang), masukkan bawang bombai yang sudah masuk ke adonan basah.
  9. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan, lalu angkat, tiriskan dan sajikan.

Onion ring ala Sarpip.
Gimana, cukup simple kan resepnya. Jadi setelah saya coba berulang kali, kunci dari membuat onion ring yang crispy itu ada beberapa trik.
  • Pastikan semua bagian tertutupi adonan kering supaya adonan basah bisa menempel dengan sempurna.
  • Pastikan api yang digunakan untuk menggorang tidak terlalu besar supaya tidak gosong.
  • Tepung bumbu serbaguna. Ya, saya punya favorit sendiri untuk tepung bumbunya (merk diatas). Entah kenapa hasil akhirnya agak berbeda kalau pakai tepung bumbu yang berbeda.
Well, itu sedikit resep yang sudah saya praktekan beberapa kali. Semoga bermanfaat

You Might Also Like

0 comments

Subscribe