Masak-masak: Jamur Tempura, Churros Oreo, dan Tumis Jamur Saos Tiram

19:25

Jadi waktu ke Himpunan hari Kamis lalu, saya menemukan resep Tempura Jamur yang ditulis oleh Ratika. Dengan modal bahan dan nanya-nanya caranya ke Ratika, akhirnya saya buat. Karena hasilnya kirang memuaskan, kayaknya saya tidak akan bercerita banyak soal Tempura Jamur ini. Secara rasa cukup, tapi teksturnya kurang. Entah kenapa ada yang tidak pas.
Kenampakan Tempura Jamur
Terus iseng juga pengen bikin churros. Akhirnya nyari resep di cookpad, nemu churros oreo dari resep ini. Akhirnya saya coba bikin. Oya adonan churros ini mirip choux pastry buat bikin kue soes. Tapi adonannya akhirnya digoreng. Cek it out.

Bahan:

100 gr Tepung Terigu

9 Buah Biskuit Oreo, haluskan kepingan biskuitnya
50 gr Mentega
2 sdm Gula Pasir
Sejumput Garam
1 gelas Air
1 butir Telur
Minyak untuk menggoreng


Cara Membuat:

1. Masukkan air, mentega, gula pasir, dan garam ke dalam panci dengan api sedang. Aduk hingga mendidih.

2. Setelah mendidih, matikan api, masukkan terigu dan oreo yang telah dihaluskan, aduk hingga kalis dan tidak lengket.
3. Setelah tercampur rata hingga kalis, diamkan agar mendingin. Setelah agak dingin, masukkan telur, aduk hingga rata.
4. Masukkan adonan kedalam piping bag yang telah dipasang spuit bintang.
5. Siapkan nampan yang diberi terigu. Semprot adonan diatas nampan dengan panjang sesuai selera. Agar adonan tidak berubah bentuk, simpan dahulu nampan berisi adonan di dalam freezer.
6. Cara lain bisa langsung semprot adonan ke dalam minyak dengan api sedang.
7. Goreng adonan churros yang telah dibentuk tadi hingga matang.
8. Angkat, tiriskan, sajikan


So simple. Mungkin nanti saya coba original churrosnya. Karena belum pernah mencoba, jadi saya tidak tahu seberapa katanh churros itu harus digoreng. Apakah sampai renyah luar dalam, renyah diluar lembut di dalam? I don't know. Saya hanya mengandalkan insting. Dan, ini dia hasilnya. Churros oreo dengan resep uang diambil dari cookpad.


Karena ada sisa jamur, saya memutuskan buat bikin Tumis Jamur Saus Tiram. Entah kenapa pengen yang berkuah. Tadinya cari resep di cookpad. Tapi entah kenapa pengen nyobain bikin aja sendiri siapa tau enak. Karena ada kelebihan bahan yang bikin rasanya gak seimbang, saya kurangin bahan-bahan yang saya pakai dan yang saya tulis disini.

Bahan:

100 gr jamur disuwir

1 buah Cabe Keriting Merah potong menyerong
Daun Bawang iris
1 siung Bawang Merah iris tipis
1 siung Bawang Putih cincang halus
1/2 bungkus Saos Tiram
Air secukupnya


Cara Membuat:

1. Tumis bawang merah dan bawnag putih hingga harum.

2. Masukkan cabe keriting merah, beri air secukupnya
3. Masukkan jamur, masak hingga air mendidih.
4. Masukkan saos tiram. Aduk hingga rata, lalu masukkan daun bawang.
5. Cicipi kuah tumisan, jika ada yang kurang bisa diberi garam, merica, gula, ataupun penyedap sesuai selera.


Simpel sekali. Tapi sayangnya saya masih harus banyak belajar. Resep diatas pun sebenarnya masih kurang sempurna. Saya kalau masak masih susah menakar bahan dan bumbu supaya pas hehehe. Ya namanya juga belajar. Allhamdulillah masih bisa dimakan.
Kenampakan Tumis Jamus Saos Tiram
Hari ini entah kenapa penuh dengan masak-masak. Mungkin karena hari terakhir di rumah sebelum ke Bandung buat waktu yang lebih lama. Akhir kata, selamat makan! Tetap semangat memasak!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe