October's Read

19:40

Kembali lagi bersama list bacaan tiap bulanku. Setelah bulan September kemarin berhasil membaca beberapa buku non fiksi, kali ini ada dua buku fantasi yang akhirnya aku mulai baca dan selesaikan, dimulai dari The Silmarillion dan dilanjutkan dengan Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring. Selain buku fantasi, buku non fiksi dengan genre self-improvement menjadi bacaanku di bulan Oktober antara lain Filosofi Teras, The Art of Logical Thinking, dan How to Win Friends & Influence People. Untuk lebih lengkapnya, here's the list of my October's Read.


My October's Read


7 Kebiasaan Orang yang Nyebelin Banget by Henry Manampiring

7 Kebiasaan Orang Yang Nyebelin Banget oleh Henry Manampiring

Salah satu buku yang saya berhasil pinjam di ipusnas.  Tertarik baca ini karena waktu itu lagi baca Filosofi Teras dan pas iseng cek ipusnas ada buku ini yang bisa dipinjam. Isinya cukup ringan, berisi rangkuman hasil survey nyebelin nasional yang kemudian diurutkan menjadi top 7 untuk setiap kategorinya. Ada beberapa kalimat dari penulis yang bikin aku menyerengitkan dahi. Entah lah memang hanya bercanda seperti itu, tapi aku sendiri kurang sreg sama kalimatnya. Buku ini cukup jadi bacaan ringan dan mengingatkan diri sendiri buat gak bersikap nyebelin tentunya.

Rate: 3/5

Filosofi Teras by Henry Manampiring

Filosofi Teras oleh Henry Manampiring

Salah satu buku yang bagus untuk dibaca ketika lagi banyak pikiran karena hal-hal diluar diri kita. Dari buku ini aku jadi tau tentang Stoisisme serta bagaimana menerapkan stoisisme dalam kehidupan sehari-hari. Konsep Stoa sangat masuk akal buatku sendiri. Menggantungkan kebahagiaan terhadap hal yang bisa kita kontrol yaitu apa yang ada dalam diri kita sendiri dan tidak menggantungkan kebahagiaan terhadap sesuatu yang tidak bisa kendalikan, seperti jabatan, kekayaan, dan lain sebagainya. Dari yang aku tangkap, kebahagiaan sendiri menurut Stoisisme adalah suatu keadaan yang terbebas dari emosi negatif untuk hidup tentram, dengan mengasah kebijakan (virtues).

"Some things are up to us, some things are not up to us." - Epictetus (Enchiridion)

Jadi untuk kalian yang penasaran bagaimana sih Filsafat Stoa itu, bisa banget coba baca buku ini. Pembahasannya cukup untuk mengenalkan mengenai Stoisisme. The only thing that annoyed me a bit is the text alignment. Kenapa teksnya tidak di justify supaya terlihat lebih rapi :")

Rate: 4.5/5

The Silmarillion by J. R. R. Tolkien

The Silmarillion oleh JRR Tolkien

One of my favorite book. Beli ini udah lama banget sekitar 2016-an. Tapi karena sekian tahun gak rajin baca buku akhirnya buku ini terbengkalai. Sampai akhirnya keinginanku buat baca kembali lagi dan akhirnya aku sedikit menyesal kenapa gak menamatkan buku ini dari dulu. Bagian awal emang agak sedikit bosan karena ceritanya tentang penciptaan, tentang Valar, dll. Tapi begitu masuk bab yang menceritakan kejadian di Middle Earth, makin kesana makin ketagihan bacanya. Yang seru lagi dari baca The Silmarillion adalah ketika baca, aku bolak-balik ke halaman belakang buat melihat peta, silsilah, dan arti nama-nama (karena banyak banget nama-nama yang disebut disini). By the end of the book, aku udah cukup hapal lokasi yang disebutkan itu ada di peta bagian mana. Yang jelas baca buku ini tuh merupakan pengalaman yang menyenangkan. Benar-benar diajak masuk ke suatu dunia baru dan diajak mendalami sejarahnya. Salut sama J. R. R. Tolkien for making this world exist in our imagination.

Rate: 5/5

The Art of Logical Thinking by William Atkinson

The Art of Logical Thinking oleh William Atkinson

Buku ini merupakan salah satu buku dari "Greatest Self Improvement Book Series" yang diterbitkan oleh Bright Publisher. Jujur baca ini gak ngerti. Entah karena memang sulit dimengerti atau karena efek terjemahannya yang kurang pas untuk aku baca. Satu bab yang cukup aku mengerti yaitu bab silogisme. Sisanya, sepertinya harus baca ulang dan sambil menulis catatan sepanjang baca. Maybe I'll give it another try next time and try the English version to compare.

Rate: 3/5


The Fellowship of The Ring by J. R. R. Tolkien

Lord of The Rings: The Fellowship of The Ring oleh JRR Tolkien

Reading The Silmarillion makes me want to read The Lord of The Rings Trilogy. Dulu sudah menamatkan buku ini, tapi karena udah lama banget akhirnya aku membaca ulang buku ini biar bisa lanjut ke buku selanjutnya dengan lebih afdol. Untuk dua judul setelahnya, aku baru sempet baca The Two Towers sekitar setengahnya, jadi aku pikir yasudah kita baca semua lagi dari awal. Bab-bab awal terasa agak lambat. Perjalanan para hobbit dari Hobbiton ke Rivendell bener-bener memakan waktu setengah buku. Buatku ini agak sedikit bosan. Tapi makin menuju akhir ceritanya makin seru. Dan tentu saja seperti membaca The Silmarillion, baca LOTR juga selalu bolak-balik lihat peta di halaman belakang (dan di halaman depan, khusus peta daerah Shire). Such a fun experience.

Rate: 4.5/5

How to Win Friends & Influence People by Dale Carnegie

How to Win Friends and Influence People oleh Dale Carnegie

Salah satu buku yang aku beli atas rekomendasi Nate O'Brien disini. Sebagai seseorang yang agak susah untuk menginisiasi sebuah perkenalan, aku pikir buku ini akan cocok untuk aku baca. Secara umum setiap bab diisi cerita-cerita dari tokoh terkenal dan beberapa klien Dale Carnegie yang mengikuti kursusnya lalu diikuti oleh tips yang merupakan inti dari babnya. Aku rasa tips-tips disini bagus untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam relasi bisnis dan hubungan kerja. Semoga aku bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Rate: 4/5

Itulah enam buku yang berhasil aku baca di bulan Oktober (walaupun sebenarnya buku Dale Carnegie baru beres dibaca awal November tapi aku masukkan ke list Oktober saja). Kalau harus memilih, my favorite book this month would be The Silmarillion by J. R. R. Tolkien.

See you in the next month's read~ 

You Might Also Like

0 comments

Subscribe