Tips and Trick Belanja Barang Preloved

18:49

Halo semua. Akhirnya kembali lagi menulis di blog. Saya mau sharing sedikit pengalaman dan tips and trick berbelanja barang preloved di Carousell (or another preloved marketplace, like prelo, instagram, dll).
Jadi ceritanya waktu itu saya sangat tertarik nyobain produk COSRX yang BHA Power Liquid, tapi rasanya masih terlalu seret di kantong buat beli yang masih baru. Lalu baru inget dulu pernah bikin akun Carousell, akhirnya coba deh cari-cari dan akhirnya nemu dengan harga yang masih reasonable. Singkat cerita akhirnya saya dapat produknya. Jadi gimana sih beli barang-barang preloved yang aman? Ini dia tips and trick dari saya

1. Masukkan kata kunci dan filter sesuai keinginanmu.
Misalnya saya ingin beli produk COSRX, pengirimannya sekitar Jabar or DKI supaya gak mahal di ongkir (radius 500km dari bandung), dan barangnya udah dipakai (used) supaya gak terlalu mahal, dengan range harga sekian-sekian. Tinggal ketik kata kunci dan lakukan filter seperti kriteria diatas dan tadaaa, barang yang kamu mau muncul di list pencarian.

2. Lihat barang yang kamu mau, lihat deskripsi barangnya dan bandingkan antara seller satu dan seller lain.
Seller yang baik pasti mencantumkan kondisi barangnya. Misal barang ori beli di blabla, kondisi xx%, minus box, dll. Lalu dengan harga segitu coba bandingkan dengan seller lain. Saya sendiri untuk beberapa produk seperti skincare, saya gak masalah dengan kondisi produk yang tinggal 75% (or less), selama barangnya memang ori, harganya reasonable, dan memang pemakaiannya masih bisa cukup lama. Setidaknya saya punya waktu untuk menabung buat repurchase produk yang sama. Dan kalau produk skincare sendiri jika masih coba-coba, sebaiknya cari yang travel size atau yang preloved dengan kondisi yang sudah sedikit karena bisa jadi kalau baru pakai malah gak cocok (kecuali memang skincare yang rutin dan memang cocok).

3. Check, ask, and bargain (If Possible).
Kalau sudah nemu produk yang diinginkan, cek dulu kapan sellernya terakhir online dan apakah testimoni dari buyernya bagus. Kalau seller tersebut terakhir nongol udah agak lama, mungkin harus sedikit bersabar saat mau tanya-tanya barang. Apalagi ketika tidak mencantumkan kontak lain yang sering dibuka (misal WA or Line). Pengalaman saya, waktu mau beli barang sampe chat 3 seller dan baru dapat balasan dari seller yang ke-3 (padahal seller sebelumnya harga barangnha lebih murah T_T). Kalau sudah oke, chat sellernya dan tanyakan apakah barangnya masih ada (masih memungkinkan user tsb jual barangnya di marketplace lain dan ternyata belum update bahwa barangnya sold di marketplace yang kita gunakan). Setelah ada balasan, silahkan chat layaknya pembeli kepada penjual. Tanyakan jika ada kondisi barang yang ingin diketahui, tanyakan juga apakah harganya sudah termasuk ongkir atau belum, dan bila masih memungkinkan tawar harganya (cek dulu profilnya, kalau ada tulisan no nego, yowis ngikut aja. Tapi coba aja tawar, siapa tau berhasil. Lumayan buat ongkir :D). Setelah oke bisa lanjut transaksinya entah itu trf dan minta alamat dll. Kalau saya lebih prefer pindah ke platform yang lebih fast respond seperti Line atau WA karena biasanya chat di marketplacenya suka slow respond. Jika sudah trf, barang sudah dikirim, jangan lupa minta resi ya ke sellernya.

Nah itu sedikit tips and trick buat belanja barang-barang preloved di Carousell (or another preloved marketplace. Semoga bermanfaat ;)

Oya, kalian juga boleh cek barang preloved punyaku disini ya. Insyaallah kondisi baik semua dengan harga terjangkau ;)

Note
Postingan ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe